Dampak Sinetron terhadap Psikis Anak

Sekarang ini,acara-acara televisi banyak didominasi oleh acara Sinetron. Entah itu sinetron striping atau yang sekali tayang. Adegan-adegan yang ditampilkanpun sekarang banyak yang menjurus ke kekerasan meskipun ada nilai positif. Tapi nilai positif ini bersifat tersirat (kita harus mencari sendiri nilai positif itu). Pemirsa Sinetron TV ini pun sudah tidak lagi ibu-ibu, tapi juga anak-anak. Bagaimana tidak, waktu si ibu melihat acara sinetron pasti si ibu mengajak anaknya dan secara tidak langsun anak itu pun juga ikut melihatnya. Sinetron bisa menimbulkan ketagihan bagi para pemirsanya. Untuk anak-anak yang sering diajak ibunya buat melihat sinetron HARAP WASPADA. Karena dampak sinetron terhadap anak-anak bisa mempengaruhi Psikis anak. Anak-anak sangat cepat merespon bahkan mempelajari apa yang ia lihat. Jadi, anak-anak jangan diacak melihat sinetron. Yang nantinya,anak itu dapat berani dengan orang tua,menjadi nakal,dll. Jika melihat sinetron yang nilai moral,religinya kurang.

Iklan

9 pemikiran pada “Dampak Sinetron terhadap Psikis Anak

  1. ia, gw setuju bgt…
    sinetron emg ga bgs bwt perkembangan psikis anak, apalagi gw termasuk org yg ga suka nonton sinetron.
    terlalu mendramatisir tiap adegan’y, lebayyyyy….
    ya mungkin selera org emg berbeda-beda,
    itu aj c pendapat gw..

  2. ya saya setuju..cos sinetron jaman sekarang banyak mengandung hal**yang seharusnya tidak ditayangkan di tv,seperti adegan anak sma berkelahi dg temen hanya karna cowok.itu mencerminkan ketidaksesuaian tindakan seorang pelajar.

  3. koment terbaru Desember 2013. Informasi ini berlaku seterusnya. Misal sekarang banyak sinetron2 yang seharusnya diperankan oleh orang2 dewasa justru di perankan oleh anak2 dan disitu banyak adegan perang, misal kian sentosa (di plesetkan :D) atau lainnya. nah itu mesti akan banyak ditonton oleh anak2 pula dan temtu memberi efek psikologis anak. karena anak itu selalu ingin meniru termasuk terhadap apa yang ia tonton di tv..

  4. saya setuju dengan adib, bukan hanya sinetron saja tetapi acara2 lainnya jg, seperti acara informasi yg yg dibawakan anak2 (sprt unyil) dari awal keluar sih normal2 saja tetapi makin lama makin krng bgs (bukan informasinya loo) dari hal interaksi seperti menjaili teman2x, ada lagi acara bocah hilang yg acrx sprt mencuri buah , berantem/ bertengkar kalau kalah, tidak sportif, dll.
    acara nak2 saja sudah disajikan sprt itu apalagi ajcara yg ada kode BO(bimbingan orang tua CMIIW), dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s