Tips Membeli Ponsel Second (Bekas)

Siapa sih yang tidak ingin memiliki ponsel yang bagus yang memiliki fitur-fitur menarik sesuai kebutuhan kita. Sekarang ini telah keluar jenis-jenis ponsel yang sangat-sangat canggih, sampai-sampai orang bisa dibuat gila olehnya. Namun apa daya jika kita tak diimbangi dengan kantong yang tebal (alias tidak memiliki budget yang cukup) untuk memiliki ponsel tersebut, alhasil semua itu pun hanya mimpi.

Tapi bagi seseorang yang memiliki hasrat tinggi untuk memiliki ponsel yang diinginkannya, ia pun rela membeli ponsel tersebut dengan menjual barang miliknya mungkin, lalu membeli Ponsel Second (Ponsel yang bekas).

Nah, bagi Anda yang memiliki pemikiran seperti diatas, Anda harus & Wajib berhati-hati, apalagi jika ponsel second yang akan Anda beli adalah Ponsel berkelas & memiliki Fitur-Fitur menarik.

Berikut Tips Membeli Ponsel Second (Setengah Pakai) agar tidak tertipu oleh Penjual (ternyata banyak Penjual Ponsel Second yang memodifikasi Ponsel agar lebih menarik dari sisi luarnya saja tapi di dalamnya sungguh memprihatinkan dan juga ILLEGAL) :

  • Lihat Fisik Ponsel tersebut secara teliti, apakah sudah terlihat goresan atau belum (hal ini untuk membandingkan harga yang ditawarkan penjual kepada Anda.)
  • Bongkarlah (Buka casing dan cek kondisi hardware POnsel secara teliti,jangan takut untuk mengecek karena itu adalah HAK anda sebagai Pembeli. Hardware disini termasuk kondisi Baterai, Speaker,LCD,Microfon,Camera jika ada,KeyPad,dan yang mungkin Anda rasa penting.)
  • Cek Fitur-Fitur yang ada, apakah sesuai dengan Fitur bawaannya atau tidak. (Sedikit Saran, jika ada Fitur yang tidak ada atau mungkin malah lebih, kemungkinnan ponsel tersebut sudah di UPGRADE Firmwarenya, dan saran saya jangan dibeli karena kemungkinan besar ponsel tersebut pernah ada masalah dengan Softwarenya.)
  • Cocokan IMEI Ponsel dengan IMEI yang tertera di BOX Ponsel. Apakah sama atau tidak, jika tidak maka bisa dikatakan Ponsel tersebut ILLEGAL.
  • Jangan pernah terbujuk pada tawaran penjual. Lebih baik sebelum membeli, anda cari informasi tentang POnsel yang akan Anda beli, entah itu tentang Spesifikasinya, kelebihan & kekurangan, dll. Sehingga Anda tidak akan tertipu jika penjual menawarkan kelebihan POnsel yang padahal tidak ada di dalam daftar spesifikasi sesungguhnya.
  • Jangan takut untuk bertanya tentang asal-usul Ponsel Second tersebut. Cari tahu asal ponsel itu dari siapa, kenapa dia jual ponsel tersebut,kapan dia jual ponsel tersebut, dll.
  • Jangan langsung terpikat pada satu ponsel dan satu Penjual, jika anda membeli di sebuah Area Jual-Beli Ponsel, cobalah Anda keliling dulu dan cari informasi tentang harga dan ponsel di tempat lain.
  • Tanyakan berapa lama garansi yang diberikan. Lalu meliputi garansi apa saja.
  • TELITI SEBELUM MEMBELI

Itu Tips Membeli Ponsel Second dari saya, semoga bermanfaat🙂

2 pemikiran pada “Tips Membeli Ponsel Second (Bekas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s