OPENSOURCE : VARIANT UBUNTU

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.

Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Berikut adalah variant Ubuntu:

Kubuntu
Ini merupakan varian Ubuntu yang menggunakan KDE.

KUBUNTU

 

Edubuntu
Memuliki tujuan “Membawa Ubuntu ke sekolah”, menggunakan basis Ubuntu dan ditujukan untuk institusi pendidikan. Menggunakan Gnome.

EDUBUNTU

 

Xubuntu
Turunan Ubuntu yang satu ini menggunakan lambang tikus yang sedang berlari dan menggunakan Xfcs interface serta ditujukan sebagai Ubuntu versi lebih ringan.

XUBUNTU

 

CrunchBang
Varian Ubuntu dengan Openbox-window manager yang ringan serta dilengkapi dengan aplikasi GTK + yang dikembangkan dari minimal Ubuntu dan dirancang untuk menawarkan keseimbangan dan fungsi yang baik.

 

Linux Mint
Ubuntu yang satu ini merupakan salah satu jenis varian yang cukup sesuai untuk newbie. Interfacenya yang menggunakan KDE, serta sudah dilengkapi dengan plugin multimedia, sehingga bisa langsung dipakai untuk memutar em pe tri setelah instalasi. Cocok buat pemula yang tidak ingin repot instal codec dan embel-embelnya.

 

Super Ubuntu
Ini merupakan remaster dari Ubuntu Itrepid Ibex dan sudah dilengkapi dengan aplikasi tambahan yang sudah cukup lengkap, terbaru dan super serta ditambahkan didalamnya Flash, JRE dan audio. Cocok buat yang ingin tidak ingin dengan repotnya update serta langkanya [atau bahkan tidak ada] koneksi internet.

 

Ubuntu Ultimate
Hampir sama dengan Super Ubuntu. Hanya saja jika Super Ubuntu masih mempertahankan image Ubuntunya, yang Ubuntu ini masih ada hanya saja ‘samar’ dan lebih menampilkan kesan sangar.

 

nUbuntu
Kependekan dari Network Ubuntu. Lebih menekankan pada keamanan jaringan.

 

OpenGEU
OpenGEU merupakan sebuah distro berbasis Ubuntu yang menggunakan GNOME dan Enlightenment sebagai window manager.
UbuntuME [Muslim Edition]
Ubuntu Muslim Edition diciptakan untuk memfasilitasi kaum Muslim dalam menggunakan Sistem Operasi yang siap pakai, dan dilengkapi dengan aplikasi seperti Al-Qur’an, pengingat sholat, Hadits dan lain sebagainya.

 

UbuntuCE [Christian Edition]
Dirilis oleh komunitas Nasrani, untuk para pemeluk agama Nasrani. UbuntuCE sudah dilengkapi dengan Bible dan aplikasi lainnya.

 

Ubuntu Satanic Edition
Dari namanya sudah ketahuan ‘kan? Bagi yang menyukai hal hal yang berbau seperti ini, apa salahnya memakai Ubuntu SE

 

Ubuntu Studio
Bagi yang suka utak atik multimedia, varian Ubuntu yang satu ini mungkin bisa dijadikan pilihan. Sudah dilengkapi dengan Multimedia Editor Software yang tinggal pakai. So, kita tidak perlu khawatir lagi kebingungan mencari software pengganti ketika bermigrasi.

 

BlankOn
Ingin mencoba Ubuntu rasa Indonesia? BlankOn pilihannya. Disajikan dalam Bahasa Indoneisa serta sudah dilengkapi plugin Multimedia sehingga pengguna bisa langsung menikmati file musiknya setelah instalasi. Cocok buat Ubuntu-newbie

 

Dewalinux
Bagi newbie yang khawatir kebingungan dengan arsitektur Ubuntu tapi ingin mencobanya, sekarang sudah hadir Dewalinux yang disajikan menyerupai Wind*ws, sehingga dijamin pengoperasiannya tidak akan menyusahkan. Hanya saja ini hanya merupakan hasil dari remaster saja. Sama seperti Super Ubuntu. Bedanya, Dewalinux merupakan hasil remaster dari Ubuntu 8.04 Hardy Heron. Untuk versi yang eiffel, tampilannya disesuaikan dengan ‘Vista looks

 

Gobuntu
Distro ini masih dalam tahap pengembangan. Gobuntu dirilis untuk menciptakan Ubuntu yang berisi ‘full open source software’ dan atau yang menginginkan membuat aplikasi open source-nya sendiri berbasisi Ubuntu. Pemula tidak disarankan menggunakan varian jenis ini mengingat tingkat kesulitannya.

 

Ubuntu Mobile
Nah kalau yang ini, ini merupakan Ubuntu untuk versi mobile

 

sources : dari berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s