Ini Dia Profesi Pekerjaan Yang Harus Dilandasi Pengabdian

profesi pekerjaanBanyak sekali bidang pekerjaan ini mulai dari kerja kantoran, kerja di lapangan maupun di rumahan. Dari banyaknya bidang pekerjaan atau Profesi pekerjaan tersebut yang terpenting adalah Halal, khususnya bagi kaum muslim.

Dari berbagai profesi pekerjaan tersebut, banyak sekali seseorang yang melihatnya dari berbagai aspek, mungkin karena dari passionnya, hobinya, atau mungkin karena gajinya. Nah, rata-rata saat ini orang melihat sebuah profesi pekerjaan itu dari besaran gajinya. Ok itu tak masalah, karena pandangan orang beda-beda.

Tetapi saya sendiri sudah mengamati beberapa profesi pekerjaan yang menurut saya tidak pantas jika untuk memiliki profesi pekerjaan itu karena besaran gajinya. Karena ada sisi lain yang harus menjadi dasar untuk memilih profesi pekerjaan tersebut, yaitu dilandasi pengabdian.

Dan berikut ini Profesi Pekerjaan Yang harus dilandasi dengan niat pengabdian bukan penghasilan.

1. Guru / Pengajar

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Ya, mungkin itu dulu yang sering anda dengar ketika masih Sekolah Dasar. Siapa pahlawan tanpa tanda jasa anak-anak? Guru……

Guru bagi saya adalah profesi yang mengemban tugas berat, guru harus bisa mencetak generasi-generasi bangsa yang tidak hanya pintar dalam segi akademik tetapi juga pintar dalam pengembangan diri dari perilakunya, jangan sampai berpendidikan tetapi tingkah lakunya seperti anak tidak berpendidikan. Banyak kasusnya, sebut saja tawuran antar pelajar.

Oleh karena itu, bagi semua saja yang ingin menjadi guru, lebih baik mantapkan hati untuk mengabdi bukan untuk materi saja. Karena memang kita telah ketahui bersama, kalau guru sekarang ini memiliki banyak sekali penghasilan, apalagi tunjangan-tunjangan sertifikasi. Dan ini membuat mata hati kita tertutup karena melihat materi yang sedemikian banyak ini.

Pesan saya bagi calon guru maupun yang sudah menjadi guru. Tugas Anda adalah sangat mulia. Mencerdaskan putra putri bangsa. Pengabdilah dengan tulus ikhlas, kesampingkan dulu materi yang didapat nanti.

2. Dokter / Tenaga Medis

Sudah menjadi rahasia umum jika gaji dokter itu tinggi, masuknya saat sekolah dokter pun juga tinggi. Tetapi tugas seorang dokter pun juga tinggi, karena menyangkut kesehatan dan hidup manusia. Eits, tapi dokter bukan segalanya bukan penentu, yang menentukan sehat sakit hidup mati adalah Allah. Dokter dan Tenaga Medis hanya sebagai perantara saja.

Meskipun sebagai perantara, seorang dokter/tenaga medis juga harus memiliki landasan pengabdian saat memiliki profesi ini. Karena mereka akan membantu untuk meringankan orang sakit.

3. Penegak Hukum (Polisi, Tentara)

Ini nih salah satu profesi yang bakal mengamankan negara kita, polisi dan tentara. Profesi pekerjaan ini sangatlah harus dilandasi pengabdian, mengabdi untuk negeri pertiwi, menjaga kedaulatan negara dan keamanan.

4. Wirausahawan

Profesi pekerjaan ini sering kali diartikan salah kaprah, orang ingin berwirausaha dengan alasan ingin cepet kaya, ingin punya banyak waktu, ingin punya penghasilan tak terbatas. Tetapi sebenarnya berwirausaha itu juga harus dilandasi dengan pengabdian. Karena berwirausaha sejatinya adalah membantu sesama.

Itu saja yang dapat saya informasikan, itu hanya sebatas pandangan saya, jadi mohon maaf jika menyinggung salah satu pihak. Sebenarnya tidak hanya profesi pekerjaan itu, bahkan semua pekerjaan pun bisa dibilang harus dilandasi dengan pengabdian, entah pengabdian terhadap keluarganya, lingkungannya, maupun negaranya.

Jadi, bekerja itu sebaiknya pakai hati, bekerja itu tidak harus prioritas utama itu adalah uang/penghasilan. Jika hati kita sudah menerima dan senang melakukannya, maka penghasilan akan mengikutinya.

Iklan

3 pemikiran pada “Ini Dia Profesi Pekerjaan Yang Harus Dilandasi Pengabdian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s