Aku Punya Kisah Maya

Bukah kisah cinta bukan kisah asmara, ya meskipun aku punya kisah soal asmara namun aku tak mau mengumbarnya ke dunia maya, biar aku dan dia yang tau saja. ahahahaha.

Kisah ini memang aku dedikasikan untuk diri aku sendiri, ya karena kalau tidak ditulis disini kadang aku sedikit lupa, biar besok bisa diceritakan kepada anak cucu kita. #eh

Awalnya Kenalan Sama Friendster

Aku tau yang namanya blog itu setelah aku kenalan sama yang namanya Email dan Friendster😀, itu dulu waktu kelas 2 SMA Tahun 2009. Waktu itu belum tau blog, aku buat Friendster karena saking begonya diriku. Waktu itu ada temen yang nanyain ke aku “Punya FS nggak”. Aku plonga plongo, untung tanyanya lewat SMS, jadi balesnya bisa sambil diulur, sembari mikir “FS iku opo? (FS itu apa?)”. Karena dulu nggak seaktif sekarang yang apa-apa tanya Mbah Google, dulu cuma dibatin saja, soalnya mau tanya FS itu apa sih? masih agak gengsi hehehe.😀

Lantas setelah aku basa basi dengan temenku, akhirnya tau juga kepanjangan dari FS yaitu Friendster, jejaring sosial yang pertama aku punya >_< . Setelah tau kepanjangan FS itu, aku pun kemudian beraksi. Setelah pulang sekolah aku mampir warnet, soalnya nggak punya komputer/laptop, dan dulu warnet masih booming. Akhirnya aku googling dan tanya Mbah Google cara membuat Friendster, dan aku pun tahu caranya dan ternyata mesti punya email juga. Eh ternyata aku juga belum punya email, dan sebenernya waktu itu juga nggak tau bikin email gimana, yowes sekalian cari tutorial bikin email di Yahoo waktu itu. Buat email pun masih mikir nama ID yang cocok, dari gabungin namaku hingga cari istilah-istilah alay, dan seingetku email pertamaku IDnya brown_zip08, itu ada maknanya lho. Brown = Coklat (Cowok Klaten), Zip = Sip, 08 = Tanggal Lahir >.< alay paket banget kan. Ternyata baru sadar sekarang aku. Entah itu email masih aktif nggak, aku pun sudah lupa passwordnya.

Setelah aku buat email lalu buat Friendster. B-) Keren kan…

Punya Blog Karena Pengen Earning

Setelah kelas 3 SMA (2009) aku pun buat blog, nah buat blog ini sebenarnya juga cuma pengen saja. Karena dulu ada temen yang tanya di aku waktu di Labs, namanya Feri Romadhoni. Tanya ke aku bisa buat blog nggak, tak jawab aja nggak bisa, wong yo nggak bisa. Nah pada waktu itu temen dekatku Andri (Anak Kelas Lain) dan Johan (Teman Satu Kelas), mereka ternyata lagi punya bisnis internet. Aku pun dulu sempat ditawari. Mereka cerita-cerita soal PPC (dulu aku nggak tau kalau itu namanya PPC), aku taunya dia bisnis internet buat blog terus kalau ada yang klik iklan dibayar. Nah mereka pun juga pernah cerita kalau dalam proses marketingnya, mereka buat sticker nama blognya terus ditempel dimana-mana lalu pernah keliling warnet buat klik iklan mereka sendiri😀 tapi nggak tau mereka sudah PO apa belum.

Dari situlah aku jadi pengen tau blog lagi, lebih tepatnya pengen tahu cara kerja bisnis internetnya itu. Soalnya dulu masih bingung, kalau kita punya blog, terus ada orang yang klik iklan dan kita dapat uang, nah uang yang dikasih ke kita itu dari mana? Nah itu yang menjadi pertanyaan besar saking oon-nya aku.

Akhirnya aku sempatkan lagi ke warnet, buat bikin blog, nah akhirnya aku punya blog. Blog pertamaku menggunakan platform WordPress.com karena tutorial yang aku dapatkan waktu itu menggunakan WordPress.com dan tau nggak alamatnya apa? Alamatnya Blog pertamaku dulu ya ini, iya yang ini virmansyah.wordpress.com yang kalian lagi buka ini🙂 awet kan.

Nah, setelah punya blog ini, aku pun coba posting-posting, nah postingan pertama dan beberapa postingan berikutnya adalah hasil copas dan hasil pengamatan aku. Jadi misal seperti postingan awal-awal ini.

Postingan Pertama

Tulisan ini ada yang hasil copas ada yang tulisan pribadi, namun temanya adalah hasil pengamatanku B-) , waktu itu lagi trend Bid’Ah lalu ada Virus Flu Babi. Ya meskipun cuma secuil dan kata-katanya berantakan.

Dari situ aku justru malah sering posting hal-hal yang aku amati dan terlintas dipikiran langsung ditulis, jadi alasan utama untuk punya blog jadi lupa “Punya Blog Karena Pengen Earning”.

Lalu waktu itu lagi booming internet gratis IM3 yang pake tool-tool gitu, nah waktu itu kebetulan aku dapat info triknya, tetapi aku tidak share di blog, cuma aku nembak kata kunci saja, dan kalau yang mau triknya nanti kirim email saja. Lha ternyata artikel ku itu (Trik GPRS Gratis IM3, INTERNET GRATIS PAKAI OPERA MINI+KARTU XL) mampu pecah telor pertama dan menembus ke halaman pertama Google. Rasanya waktu itu seneng banget, karena visitor banyak, komentar banyak dan email pun banyak, karena pada minta trik im3 gratis. Tapi nggak aku kasih, karena ini illegal.😀 Dulu emang cuma buat nembak kata kunci saja.

Oh ya, aku nembak kata kunci itu karena sebelumnya aku mencari di Google tentang cara mendatangkan visitor blog. Caranya banyak banget, mulai dari tulisan yang di bold, menaruh kata kunci di konten, dsb. Dan pada waktu itu aku belum tau kalau itu adalah salah satu Teknik SEO.

Dari situ aku jadi sering “nembak keyword”, dan pada suatu saat aku jadi ingat dan tertarik kembali untuk mengumpulkan receh lewat blog. Karena memang itu awalnya alasan ingin buat blog.

Singkat cerita, aku mulai deh melancarkan aksi untuk mencari tambahan uang jajan melalui blog. Namun, naasnya waktu itu saya masih pakai blog ini saja, ternyata wordpress.com tidak support untuk blog monetize. Setelah searching, akhirnya direkomendasikan pakai blogspot, karena juga gratis. Aku buat ini setelah lulus SMA, tepatnya waktu kuliah semester 1.

Dan akhirnya aku pun punya blog di blogspot dengan alamat alay juga, yaitu sumpeglagi.blogspot.com disusul dengan thejaplakankita.blogspot.com. Aku juga lupa alasan memilih sumpeglagi mungkin waktu itu hati dan pikiran lagi sumpeg (kalau sekarang Galau), nah kalau thejaplakankita tentunya sudah pada tahu, thejeplakankita isinya materi-materi kuliah, dan bisa buat japlakan (contekan) kalau ada materi yang lupa (Diari Kuliah gitu).

Yang aku gunakan untuk monetize adalah yang sumpeglagi tapi thejaplakankita juga aku gunakan namun tidak maksimal. Nah, waktu itu monetizenya menggunakan KumpulBlogger.com miliknya mas Kukuh TW. Haha ada cerita menarik waktu monetize menggunakan kumpulblogger.com. Karena jarang yang klik, aku pun mencari cara agar iklan banyak yang klik, dan hasil pencarianku terdampar di sebuah blog (lupa alamatnya) yang disana memberikan trik agar sukses kumpulblogger. Disana diberikan sebuah trik yaitu dengan menggunakan script auto klik. Setelah aku coba pasang, ternyata emang benar, mouse apabila mengarah ke atas iklan, tiba-tiba langsung nge-click sendiri.😀 pada hal tidak di klik, ajaib bukan, tapi ini curang dan dosa. Aku Khilaff dan maaf buat Mas Kukuh Tw, aku khilaf, dulu aku masih belum ngerti masalah ginian, jadi cuma asal ikut saja, tapi untungnya juga PO😀 dan PO aku pinjem rekening temen, karena belum punya rekening, waktu itu PO pertama adalah Rp 50.000,- lumayan buat beli Sego Kucing di deket kampus. Tapi ini ternyata dosa kawan, jangan ditiru, aku khilaf.

Setelah keinginan blog monetize tercapai, akhirnya aku mulai bikin blog lagi, yang membahas tentang ini itu sampai itu ini, blog gado-gado tepatnya. Dan pada suatu saat aku ketemu dengan teman di dunia maya, Budhe Zifana. Dia juga blogger dan dia pada waktu itu juga mainan blog monetize tapi dia afiliasi hosting di salah satu hosting lokal. Dan dia waktu itu PO berapa juta gitu, eh aku dikasih hadiah domain .com dari dia. Dan itu pertama kali aku ngeBlog pakai domain .tld. Makasih Budhe Zifana. Dan untuk hostingnya aku nebeng ditempat temen, Mas Rahox, lumaya murah, Rp 90.000,- pertahun. Namanya juga nebeng, tapi nggak sampai satu tahun aku pindah hosting sendiri, karena hosting yang dia punya kurang uyee, disuspend terus euy.

Mau tau domain .tld pertamaku? Domainnya http://www.ingin-tahu.com, lumaya terkenal di era nya, tapi cuma sebentar, 1 tahun. Setelah itu tidak aku perpanjang karena ada alasan yang tidak bisa aku katakan.

Lanjut ngeblog, dan pakai domain baru, yaitu www.virmansyah.info, domain ini dicustom blogspot, dan domain ini dapatnya pun secara gratis, yaitu dari mas Lutvi Avandi, tau kan? Waktu itu dia semacam mengadakan undian domain gitu, aku coba eh ternyata dapat. Terima kasih mas Lutvi, dan domain tersebut sampai sekarang masih aku pakai dan alhamdulillah juga sudah menghasilkan.

Waktu aku kuliah pun aku juga pernah buat blog lagi, khusus untuk informasi kampus alamatnya http://www.bloggersinus.com. Lumayan eksis juga, dan salah satu tulisan saya juga pernah menjuara lomba menulis blog di wilayah Solo waktu acara Solo Cyber Day. Nah portal blog itu aku kelola dengan temen-temen kampus yang mau mengisi konten. Tapi setelah sekian waktu, dan dihadapkan kesibukan masing-masing, saya sendiri pun juga jarang update itu blog, apalagi temen-temen yang lain. Alhasil karena saya adminnya sendiri, dengan terpaksa menutup blog tersebut. Hal tersebut juga ada alasan lain yang tidak bisa aku katakan.

Nah, masih lanjut ngeblog, setelah itu buat domain lagi, dan ngeblog lagi sampai sekarang. Dan alhamdulillah dari aktivitas ngeblog tersebut ternyata sudah menjadi hobi aku, dan sudah ada yang menghasilkan, utamanya dari Job Review.

Dari aktivitas ngeblog ku dari dulu sampai sekarang ini ternyata aku sadari memang banyak banget manfaat yang sudah aku dapatkan. Mulai dari SEO, cara membuat blog, hosting, domain, cara menulis, dan earning. hehe.

Aku pun juga beberapa kali dimintai membuatkan web, ya lumayan, padahal aku promosi cuma lewat artikel di blog. Terus apa lagi ya, owh ya dapat temen yang juga hobi ngeblog, banyak banget. Hingga aku masuk ke komunitas blogger jogja hingga saat ini, alhamdulillah semua warganya welcome, karena aku bukan orang jogja dan belum pernah tinggal di jogja, dan ternyata blogger di Indonesia itu banyak, terbukti dengan adanya Kopdar Blogger Nusantara.

Kalau waktu kuliah, gara-gara ngelola http://www.bloggersinus.com itu aku kjadi diajak pihak kampus waktu ngadain pelatihan blog, critane aku jadi Asistennya, pengalaman yang seru juga itu.

Pokoke banyak lah yang udah aku dapat dari ngeblog ini. Dan tidak sia-sia.

Dan aku sebenarnya masih belajar ngeblog juga, karena aku malu sama temen-temen blogger yang masih SMP SMA ternyata dia sudah jago, bahkan sudah dapat menghasilkan duit dari ngeblognya. Salut deh.

Sampai sekarang ini aku masih ngeblog, buktinya ya tulisan ini dan blog ini, kalau tulisan ini tidak ada berarti aku nggak ngeblog. (Duh sepertinya aku mulai lelah nulis)

Oke, langsung ke saat ini saja, jujur, aktivitas ngeblog ku ini bagi aku sendiri masih belum berhasil. Bukan karena earning bukan karena visitor. Tetapi aku merasa belum bermanfaat untuk negara ku. (Wow bicaranya negara, ya iyalah, masa ya iya dong). Dan aku ingin membuat sebuah situs yang benar-benar bermanfaat buat masyarakat Indonesia. Jadi mereka membaca blog aku tidak hanya membaca artikel ku yang aku susun karena uang, tapi memang benar-benar informatif dan edukatif.

Saat ini aku memang sedang merencanakan hal itu dan sedang proses. Doakan saja semoga terealisasi, dan ini memang skala nasional. Aamiiin. Kalau pun jadi, nanti aku butuh team. Dan aku minta bantuan temen-temen. Nah, buat yang mau tau dan mau gabung, mungkin bisa kontak aku. Yuk blogger indonesia, kita kontribusi nyata untuk Indonesia. Yakin deh, nanti earning datang sendiri, asal kita niati dari hati.🙂

Salam blogger Indonesia, maaf maaf tulisannya belepotan, ini tadi juga cuma asal nulis yang diingat saja. Sebenarnya kalau ditulis mendetail nanti bisa berjam-jam, lagian aku juga ada yang lupa😀

Terima kasih, Matur Suwun.
S Adi Firmansyah

6 pemikiran pada “Aku Punya Kisah Maya

  1. aku dl ngeblog langsung pake host sendiri mas.. tahun 2009 FS wes unda undi ro facebook🙂
    ehh ayo gawe proyek barengan tentang blog yg bs memberikan informasi dan edukasi😀

Tinggalkan Balasan

