#QwordsRoadShow, KopDar-nya Qwords.com dengan Komunitas Blogger Jogja

VIRMANSYAH’s blog – Kamis (26/12) cuaca sangat cerah dari hari-hari biasanya yang selalu diguyur oleh rintikan air hujan. Tentunya ini merupakan pertanda baik bagi aku khususnya karena bisa melancong ke kota sebelah.

Ya.. Kamis (26/12) Pukul 18.00 WIB telah ada agenda untuk menginjakkan kaki kembali ke Kota yang disebut-sebut dengan Kota Pelajar itu, Yogyakarta. Agenda Kopdar (Kopi Darat) Bulanan dengan Komunitas Blogger Jogja atau yang lebih akrab disapa KBJ. Kopdar KBJ Bulan Desember ini tidak seperti Kopdar-kopdar bulan sebelumnya yang biasanya diadakan siang hari. Kemarin sebelum mendaftar pun sebelum juga sedikit galau karena waktunya malam dan cuaca kadang tak bersahabat. Ya maklum aku kan dari warga kota sebelah, Klaten.

Tapi hal itu tak membuatku alasan, mau malam mau siang mau hujan mau turun salju, yang namanya silahturahmi pasti akan membawa berkah tersendiri. Dan syukurnya pada hari itu cuaca sangat Istimewa, seperti Jogja Yang Istimewa, cerah sekali. Selain itu Kopdar kali ini KBJ tidak sendiri tetapi juga ditemani rekan dari Kota Provinsi sebelah, Bandung, yaitu pasukan team Qwords.com Web Hosting Indonesia, Dedicated Server, Domain Murah, Cloud VPS yang turut meramaikan Kopdar KBJ agar lebih maksimal.Ya…karena Yogyakarta adalah salah satu kota yang disambangi Qwords.com dalam rangka #QwordsRoadShow 2013.

#QwordsRoadShow

#QwordsRoadShow

Menuju TKP

Jam sudah menunjukan pukul 16.00 WIB, aku langsung menuju kamar mandi tentunya untuk mandi dan menggosok gigi agar rapi dan wangi. Tepat pukul 16.35 WIB aku langsung berangkat ke Jogja sendiri tanpa ditemani seorang teman maupun kekasih #eh. Perjalanan sore itu benar-benar perjalanan paling santai selama aku main ke Jogja. Ya, karena cuaca begitu cerah dan aku ingin menikmati perjalananku itu, melihat motor-motor saling kebut-kebutan, melihat truk yang gandengan #hiks, melihat bus yang saling kejar setoran. Aku pun naik motor dengan santai berada di lajur paling kiri, kecepatan paling cepet waktu itu 50km/jam. Bayangkan di Jalan Jogja-Solo dengan kecepatan seperti itu berasa paling lambat sendiri.

Sesampainya di Wilayah Jogja ternyata masih jam 17.30 WIB, aku pun tak langsung menuju ke Angkringan Galau yang merupakan TKP Kopdar KBJ dengan Qwords.com ini. Tetapi aku muter-muter dulu sambil nunggu adzan Maghrib. Aku pun mampir bentar ke mini market terkemuka di Indonesia, aku cuma beli kopi cair yang botolan itu #katrok (nggak ngerti namanya masa mau nyebutin merk??), terus beli permen karet yang buat nyehatin gigi, sama biskuit gandum kesukaanku yang isinya coklat (isinya 20 bisa langsung habis aku makan), beli 3 barang itu bayarnya cuma Rp 21.700,-. Batin saya mengamuk, kok mahal amit. Di warung deket ndeso ku beli kayak gini nggak nyampe Dua Puluh Ribu. Tapi ah yoweslah, mungkin pajak besar, biasa pinggir jalan raya euy.

Lalu aku menuju ke TKP, tapi sebelum ke TKP telinga ku mendengar sayup-sayup suara adzan Maghrib, ku coba tarik gas motor mencari masjid terdekat dan akhirnya ketemu juga, letaknya juga deket sama Angkringan Galau.

Selesai Maghriban, langsung aku cuss ke Angkringan Galau dan di sana sudah ada beberapa teman yang datang.

Kopdar KBJ With Qwords.com Berlangsung Aman Lancar Tanpa Halangan

Setelah parkir motor, langsung menuju kerumunan beberapa teman yang sudah datang, ternyata kangen juga setelah pasca #BN2013 tak bertemu. Aku menyalami beberapa teman disitu seperti Iwan Restiono (Ketua KBJ), Om Fajar MEP, Dhani S (Petak), Kang Apri, Syaiful, terus sapa lagi ya.. duh lupa maaf. #GagalFokus

Tiba-tiba Om Iwan pun mempersilahkan diriku untuk absen di Mbak-Mbaknya yang jaga absen, ternyata itu temen-temen yang dari Qwords.com ohhh. Aku pun langsung absen dengan membubuhkan tanda tangan dan mengisi form registrasi untuk database Qwords.com. Oke absen selesai dan aku dapat souvenir cantik seperti ini dari Qwords.com Web Hosting Indonesia Murah, tapi mana nih souvenir dari KBJ ahahahahaha.

Souvenir Cantik #QwordsRoadShow

Souvenir Cantik #QwordsRoadShow

Berhubung masih banyak temen-teman yang belum datang, aku pun bercengkerama dengan beberapa temen yang sudah datang. Tiba-tiba, ada suara dari speaker aktif sepertinya suara Kang Apri, ternyata benar. Beliau membuka sebentar dan intinya mempersilahkan ku dan teman-teman lain untuk makan malam sambil menunggu teman yang belum datang. Waa ini…ya tanpa basa basi langsung berdiri dan mengajak teman lain untuk segera menyantab makan malam yang sudah dihidangkan. Yang jelas ini gratis,😀 terima kasih dulu sama rekan-rekan dari Qwords.com yang sudah memperdulikan perut-perut kami. hehehe.

Mbak Mini Kopdar KBJ Qwords #QwordsRoadShow

Mbak Mini Sedang Membuka Acara / Foto by Iwan Restiono

Oke, meskipun masih beberapa yang belum datang, akhirnya acara dimulai dengan dibuka oleh Mbak Mini (sebenarnya badannya nggak mini, tapi nama aslinya itu Darmini, jadi dipanggil Mini). Ada keanehan disini, padahal baru selesai makan, tapi saat disapa Mbak Mini kok kayak pada loyo jawabnya. Lantas acara dilempar ke Qwords.com, ya karena materi pertama adalah sharing -sharing dulu dari Pihak Tamu Qwords.com.

Dibuka oleh Kak Abell salah satu Team Marketing dari Qwords.com yang akhirnya diketahui nama aslinya Bellia Rachma Fitriani dari Account Twitternya. Sapaan pembukaan membuat Mata Lelaki peserta Kopdar KBJ with Qwords.com menjadi melek dan penuh semangat menyapanya. Apa-apaan ini, tadi waktu disapa Mbak Mini kok pada loyo. hahahaha.

Abell Membuka #QwordsRoadShow

Kak Abell Membuka #QwordsRoadShow / Foto by Iwan Restiono

Sedikit perkenalan dari Kak Abel tentang Qwords.com dan dia memberikan informasi lomba tweet mini buat temen-teman yang hadir di KopDar KBJ ini dan juga meramaikan #QwordsRoadShow di Jogja ini. Hadiahnya modem, lumayan kan.

Aku pun juga ikut, tapi sayang cuma bisa 1X ngetweet, soalnya koneksi kurang bersahabat -_- .Tapi aku tetep yakin akan memenangkan doorprize-doorprize selanjutnya, ya meskipun kenyataannya ke-bejo-an belum memihak ku.

Setelah Kak Abel menyapa, dilanjutkan dengan pembahasan seputar Qwords.com oleh salah satu Technical Support Qwords.com yang sampai saat ini belum aku ketahui namanya, *lupa lagi -_-

Dalam sesi ini Mas TS(Technical Support) menjelaskan apa sih itu Qwords.com dan apa saja yang ada di Qwords.com.

Mas TS menjelaskan Web Hosting Qwords #QwordsRoadShow

Mas TS menjelaskan Web Hosting Qwords #QwordsRoadShow / Foto by Iwan Restiono

Qwords.com ini adalah salah satu penyedia layanan Web Hosting Indonesia, Dedicated Server, Cloud VPS dan juga domain. Sudah tau kan Web Hosting itu apa? Web Hosting itu gampangnya server yang digunakan untuk menaruh file-file website kita agar dapat diakses oleh orang banyak. Qwords.com ini berlokasi di Jl.Cisitu Lama no.48, Bandung, yang merupakan divisi Web Hosting dari PT Qwords Company International. Kantornya di Jakarta juga ada yaitu di Gedung Cyber 1 Lantai 3, Jl.Kuningan Barat no.8, Jakarta.

Katanya terbuka bagi siapapun bagi yang mau main ke Kantornya di Bandung.

Nah, dalam kesempatan itu Mas TS juga memberikan pertanyaan kepada temen-temen KBJ yang datang kopdar, Siapa yang masih pakai blogger (Blogspot) dan apa alasannya masih menggunakan layanan blog gratis selain memang alasan utama gratis. Di situ ada yang maju, yaitu Sdr. Thoyyib Rizqi. Soalnya dia masih pakai layanan blog gratis dari blogspot, alasan dia ternyata mengutip dari quote ku yang beberapa waktu lalu aku share di facebook, yaitu kalau pakai blog gratis dan nanti jika kita mati, maka masih ada jejak tulisan kita. Kalau pakai yang berbayar kan kalau tidak ada yang membayar pasti di suspend.

Mas TS pun membenarkan, tetapi juga tidak 100% membenarkan. Lhoh? Ya, karena telah banyak blog-blog Blogspot yang di hapus oleh Google tanpa sebab apapun. Jadi, sebenarnya memilih pakai blog gratisan atau sudah pakai hosting itu adalah sesuai kebutuhan masing-masing.

Lanjut, Mas TS pun menjelaskan tentang Qwords.com yang memiliki layanan Customer Service 24 Jam melalui berbagai cara seperti :

  1. Kirim Ticket
  2. Live Chat
  3. Via Telp

Mengenai layanan hostingnya, yang Shared Hosting ada beberapa paket yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, misalnya mau bikin Toko Online cocoknya pakai Paket Premium. Karena paket-paket hosting yang ada di Qwords.com ini telah direview sesuai dengan kebutuhan pengguna, jadi pas banget lah.

Nah, yang paling aku ingat dari penjelasan Mas TS, adalah kalau di Qwords.com itu menyediakan Daily Backup. So, buat kita-kita yang websitenya misal kena hack, atau virus dll, bisa direstore pada waktu sebelumnya. Jadi tidak perlu khawatir data hilang.

Lalu selain itu juga memberikan Hosting Insurances, nah ini aku yang bikin aku serius memperhatikan. Hosting Insurances ini maksudnya adalah apabila server downtime selama lebih dari 12 jam, maka client berhak menerima penggantian selama 24 jam. Mantap kan, so kita nggak harus takut data hilang kalau hostingnya di Qwords.com, lagian kalau kita malas download Backup, kita juga bisa pakai Layanan Backup ke CD/DVD, jadi tiap bulan kita dapat kiriman Backup hosting kita dalam bentuk CD/DVD, untuk layanan ini tentu ada biayanya. Tapi apabila file hosting kita memang sangat penting, tentu biaya nggak jadi masalah.

Dari pemaparan Mas TS kemarin saya menjadi agak dong, jadi Mas TS, menjelaskan secara runut mengenai fungsi dan alokasi masing-masing layanan hosting sesuai kebutuhan. Jadi misalnya saya ingin membuat web personal cocoknya pakai Layanan Paket Personal Hosting, kalau mau bikin Toko Online cocoknya Pakai Layanan Paket Bussiness Hosting dan kalau misal ini memiliki server sendiri bisa sewa Dedicated Server atau Cloud VPS dan asyiknya kita bisa cek sendiri langsung ke Data Centernya di Jakarta sono, jadi kita bisa memastikan hardware, dan softwarenya benar-benar sesuai yang kita pesan, karena di sana sudah ada label identitas kita.

Masih banyak informasi yang diberikan oleh Mas TS Qwords.com ini, dan syukur saya bisa menjadi paham tentang hosting dan cara memilihnya.

Di akhir penutupan penjelasan dari Mas TS, dia sedikit bercerita tentang berdirinya Qwords.com ini, ternyata Qwords.com ini sudah dibangun sejak 2005 oleh Mas Rendy Maulana Akbar (CEO Qwords.com). Dulu dibangunnya Qwords.com ini awalnya Mas Rendy hanya ingin memfasilitasi teman-temannya agar dapat memiki website dan dapat diakses oleh orang banyak. Intinya seperti itu, tapi dari situ aku jadi mendapatkan ilmu, yaitu ketekunan. Mungkin Mas Rendy dulu nggak sempat bermimpi kalau project hostingnya dulu nggak sampai saat ini, tetapi atas dasar ketekunan beliau memanage projectnya tersebut akhirnya bangunlah sebuah Qwords.com hingga besar sampai saat ini. Patut kita tiru perjuangan  Mas Rendy ini, dan rasanya ingin ketemu Mas Rendy dan mendengar langsung kisahnya membangun Qwords.com. Sayangnya, waktu #QwordsRoadShow Mas Rendy tidak ikut.

Dan Akhirnya Mas TS, menutup sharingnya dan dilanjutkan dengan Kak Abel dengan gayanya yang ceria lalu dilanjut bagi-bagi Door Prize.

Bagi-Bagi Door Prize #QwordsRoadShow

Bagi-Bagi Door Prize #QwordsRoadShow / Foto by Wawan Setyawan

Door Prize….Door Prizee….. mana Door Prize ku…. kapan namaku disebut….. dan ternyata nama ku tidak disebut… tandanya aku nggak dapat Door Prize, tapi aku masih menyimpan satu peluang yaitu nanti diakhir acara saat pengumuman lomba tweet. Aku pun tetap berdoa.

Setelah Door Prize selesai lanjut sesi berikutnya yaitu sharing tentang SEO oleh Sdr. Sutopo Sasuke, Mas Sutopo ini katanya sharing kedua kalinya tentang SEO, setelah pertama kali di Salatiga. Mas Sutopo ini dari KBJ, dia menjelaskan seputar SEO dan lebih detailnya cara mendapatkan Backlink, karena backlink masih menjadi cara ampuh untuk mengoptimasi website/blog, katanya.

Sharing dari Mas Sutopo selesai, dilanjut lagi ada Door Prize lagi ternyata. Wah hatiku senang, semoga Kak Abel memanggil namaku, tapi eh ternyata tidak juga. Nasib belum bejo.

Oh ya, kemarin juga ada tantangan buat temen-temen KBJ yang datang #KopdarKBJ #QwordRoadShow yaitu siapa yang paling banyak membawa uang receh akan dapat hadiah. Horeee…. sontak aku mengambil tas ku, dan membuka salah satu kantong sakral tas ku, karena disitu tempat Uang Receh bersembungi, saat masih merogoh uang receh ku, ternyata sudah ada yang mendahului maju dengan membawa recehan yang lumayan banyak juga, ternyata dia Mas Topik Nugroho. Sial….kenapa dia bawa uang receh banyak, apa mungkin sebelum ke Kopdar dia menyempatkan keliling BangJo. ah…. dan keoptimisanku hilang sudah setelah melihat banyaknya uang receh Mas Topik dan setelah melihat uang receh yang ada ditasku, karena aku juga baru sadar kalau sebagian besar uang receh yang ada di tas ku sudah aku sumbangkan ke Kotak Amal Celengan diriku sendiri. Padahal kalau nggak aku ambil, bisa mengalahkan recehannya Mas Topik. Lagi lagi belum bejo.

Lalu Kak Abel cari gara-gara lagi, dia menantang siapa yang mau ke depan buat Stand Up Comedy akan dapat Uang Tunai @100.000 dan hanya 2 orang saja yang boleh maju. huaaaah…… pengeeennn hadiahnya tapi aku belum pernah stand up plus aku kan orangnya pemalu, nggak bisa nglucu lagi. ah sudahlah, aku pun merelakannya dan mengikhlaskannya. Meskipun belum ada yang mau maju, tetapi akhirnya ada juga, yang pertama Mas Sigit Java yang jujur nggak lucu dan garing. Wkakaka sori lho mas Sigit. Lalu dilanjut oleh Mas Fajar MEP, yang mau maju karena disuruh maju sama temen-temen. Sebelum dia memulainya, aku sudah menebak pasti Stand up nya nanti seputar jorok-jorok dengan konten dewasa, wah tenyata bener :v soosiss mana soosssisss.

stand up comedy - Sigit Java #QwordsRoadShow

stand up comedy Sigit Java agak Garing haha / #QwordsRoadShow / Foto by Wawan Setyawan

Sebenarnya masih ada keseruan lagi di #QwordsRoadShow Kopdar KBJ dengan Qwords.com ini, acara Kopdar KBJ bulan ini nggak bakal menarik dan seru kalau Kak Abel dan teman-teman Qwords.com nggak hadir. So, matur suwun banget.

Dan akhirnya pengumuman Lomba Tweet pun dimulai, dan tet tot….akhirnya aku belum bejo lagi, karena lomba ini dimenangkan oleh siapa aku lupa namanya. Ah #GagalFokus karena terlalu fokus pada Kak Abel. #eh.

Secara garis besar aku dan temen-temen khususnya KBJ sangat bersyukur sekali bisa Kopdar bareng dengan Qwords.com dalam rangka #QwordsRoadShow , ya semoga lain waktu bisa ketemu lagi, seru-seruan lagi. Dan kami (Komunitas Blogger Jogja) sangat-sangat berterima kasih kepada seluruh team Qwords.com atas bantuan (eh bukan bantuan ding, kayak korban bencana saja), atas kontribusi dan partisipasinya untuk turut membangun KBJ agar lebih maksimal dengan memberikan dana sebesar Rp 2.000.000,- , kami sangat berterima kasih banyak, tau aja kalau KBJ sedang krisis moneter #eh. hehehe, becanda.

Penyerahan Dana Pengembangan Komunitas dari Qwords #QwordsRoadShow

Penyerahan Dana Pengembangan KBJ dari Qwords #QwordsRoadShow / Foto by Wawan Setyawan

Ya, semoga berapa pun nominalnya itu, yang lebih penting adalah nilai dari silahturahmi kemarin. Semoga ke depannya KBJ bisa yang berkunjung ke Kantor Qwords.com dan memberikan sedikit oleh-oleh Bakpia dan Gudeg. Lha Jogja khas nya itu je, kalau mau bawa Kraton nanti dimarahi Sri Sultan jadi bawa Bakpia dan Gudeg saja. Semoga bisa terlaksana dan semoga silahturahmi tetap terjaga.

Acara berakhir sekitar pukul 21.00 WIB lebih dikit, dan aku pun langsung kembali ke kota ku, Klaten, pukul 22.00 WIB. Syukurnya cuaca masih terang dan langit memancarkan bintang-bintang dan rembulan yang indah menawan menemani hatiku yang maksimal atas Kopdar #KBJ dan #QwordsRoadShow kemarin Kamis (26/12). Thanks For All.

Syukur sudah di ingatkan Pak Nuzulul, jadi Mas TS yang dimaksud adalah Mas Berry namanya😀

UPDATE !!!

Kamis, 30 Januari 2014 ini, akhirnya diumumkan hasil lomba Review acara #QWordsRoadShow dan aku pun harap-harap cemas karena ini peluang terakhirku setelah beberapa waktu lalu pas acara aku tak dapat undian-undian berhadiah, dan setelah cek Twitter,

 

Alhamdulillah, akhirnya aku memang dan termasuk Pemenang Utama yang berhak mendapatkan Samsung Galaxy Tab, Alhamdulillah Terima Kasih Ya Allah🙂 Ternyata rencana Allah sungguh indah. Aku waktu acara tidak mendapatkan hadiah dan undian apapun, tetapi akhirnya Allah memilihku pada Lomba Review ini.

Terima kasih juga buat @QWords dan teman-teman Komunitas Blogger Jogja yang sudah menginjinkan aku untuk gabung meskipun aku bukan orang Jogja🙂 Sukron to All🙂

ttd

Salam Hangat Penuh Semangat
Setia Adi Firmansyah / @S_AdiFirmansyah

*Mohon maaf apabila ada tutur kata yang tidak berkenan, karena manusia adalah tempatnya salah jadi maafkanlah.

Dan ini adalah postingan terakhir di tahun ini (2013) semoga di 2014 semakin lebih baik

20 pemikiran pada “#QwordsRoadShow, KopDar-nya Qwords.com dengan Komunitas Blogger Jogja

    • kebetulan duduk di depan jadi seperti kata seorang ibu kepada anaknya yang mau berangkat sekolah, “Nak, kalau duduk nanti dibangku depan biar bisa tau yang dijelasin bu guru…” mungkin efek itu….

    • itu sudah ada reportasenya, cuma sedikit memang, karena kemarin Mas Sutopo lebih menjelaskan cara-cara mendapatkan backlink, mau tak tulis caranya nanti malah tambah panjang, besok saja dibuat post sendiri. Heee

  1. Ping balik: Alhamdulillah, Puncak Dari #QwordsRoadShow dengan #KBJ | Virmansyah's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s