Kontes SEO “Tempat Karaoke” Berlangsung Sengit

Di kalangan blogger, tentunya kontes yang satu ini menjadi salah satu kontes yang paling diminati, terutama bagi blogger yang memang memiliki keahlian masalah SEO (Search Engine Optimization) atau mengoptimalkan sebuah keyword agar berada di urutan teratas mesin pencari Google.

Namun, terkadang kontes SEO ini juga menjadi ajang mengukur seberapa kuat web blog nya dalam berpacu menembus urutan pertama mesin pencari. Meskipun saingannya luar biasa, aku melihat banyak sekali blogger-blogger yang nekat untuk ikut kontes SEO ini. Mungkin mereka sudah tergiur oleh hadiahnya.

Saat ini pun juga sedang berlangsung kontes SEO yang sudah berlangsung beberapa minggu dan saat ini juga masih dalam proses kontes, yaitu Kontes SEO dengan keyword “Tempat Karaoke“. Kontes SEO ini diselenggarakan oleh salah satu Tempat Karaoke di Yogyakarta.

tempat karaoke

Dari awal berlangsungnya hingga saat ini aku mengamati pergerakan ranking hasil pencarian di Google Indonesia melalui http://173.194.69.94/?hl=id, dan ternyata kontes ini berlangsung sengit saling bersaing. Ada beberapa blog yang memang awalnya sudah berada di halaman 2-3, sekarang justru anjlok di halaman-halaman belakang, dan yang kemarin ada di halaman belakang sekarang muncul di halaman pertama kedua.

Hal ini tentunya tak lepas dari optimasi dari sang pemiliki blog agar artikel kontes SEO tersebut dapat melesat naik ke halaman pertama. Dan setelah aku lihat, rata-rata mereka melakukan optimasi dengan cara menanam backlink ke berbagai site reference lain. Ada yang menanam backlink di Forum, Sosial Bookmarking, Blog Dummy, komentar ke blog-blog, bahkan ada yang mengomentari artikelnya sendiri dengan blog lainnya (dummy) agar artikel utama dapat terangkat ke permukaan pertama Mesin Pencari Google.

Dari situ aku melihat, ternyata banyak sekali cara yang digunakan untuk optimasi SEO ini, dan saya yakin itu hanya segelintir cara dari puluhan cara lain.

Tetapi yang aku sayangkan, kadang untuk kontes SEO seperti ini ada blog yang kualitas konten atau artikelnya tidak masuk akal. Penulis hanya asal membuat tulisan dan yang penting tulisannya berada di halaman pertama. Sehingga kadang pembaca saat membaca artikel tersebut malah menjadi bingung karena tulisannya di dedikasikan untuk keyword-keyword kontes.

Entah, itu semua juga salah satu cara optimasinya atau bagaimana. Yang jelas, bagi aku SEO itu tidak ada ilmu pastinya. Dan SEO Google itu tolok ukur utamanya dari konten atau artikel. Kalau artikel sudah bagus, baru ke hal-hal yang lain, karena semua itu akan saling berpengaruh.

So, mari kita simak saja tentang Kontes SEO “Tempat Karaoke” ini, kita tunggu siapa yang akan menduduki peringkat 1,2 dan 3. Dan ketika nanti yang menduduki Peringkat 1, itu tidak bisa dikatakan sebagai Master SEO. Karena sejatinya SEO memang tidak ada ilmu pasti dan kalau bisa aku katakan, Kontes SEO itu bak mencari keberuntungan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s