Ide Itu Perlu Ditulis

Pernahkah kamu punya ide? Nggak punya? Ah masa? Yakin? Berarti pikiranmu nggak jalan dong kalau nggak pernah punya ide.

Setiap manusia yang notabene dibekali akal dan pikiran oleh Sang Maha Pencipta pasti pernah memiliki ide. Ide itu muncul tidak disengaja dan tidak bisa diperkirakan. Ide itu datangnya tiba-tiba, entah saat kita sedang jalan, sedang mau tidur, sedang naik motor bahkan sedang berak sekalipun. Ya, itu pun kerap aku alami ketika sedang berak justru muncul ide-ide brilian.

Ide itu muncul saat kita tidak ingin memikirkan ide untuk muncul, tetapi ide itu muncul ketika kita memikirkan sesuatu. Bisa dibilang ide itu seperti jalangkung.

Ide itu dapat berupa solusi dapat juga berupa hal baru. Namun, datangnya ide tak selamanya bagus. Ide perlu dikaji ulang secara matang sebelum akhirnya benar-benar dieksekusi. Munculnya ide-ide bisa jadi sesuatu yang dapat menghancurkan. Ya, itu jika ide tidak benar-benar dikaji seperti yang disebutkan di atas.

Munculnya Ide terkadang membuat hasrat seseorang yang memiliki semangat dan antusias yang tinggi ingin segera merealisasikan ide tersebut, bahkan tanpa melihat dampaknya dan sistemnya, langsung dibabat habis ide tersebut untuk segera dinyatakan agar tidak sekedar ide saja.

Hal seperti itu bagus, namun juga kurang tepat. Sekali lagi, ide perlu dikaji. Setiap ide yang muncul hendaknya ditulis dicatatan khusus ide. Ya…catatan khusus ide. Bisa membeli buku note yang kecil lalu anda tulis di covernya Buku Catatan Ide.

catatan ide ide

Buku ini nantinya anda gunakan untuk menampung ide-ide anda. Setiap ada ide muncul, catatlah terlebih dahulu, eksekusi nanti. Tapi jangan nanti-nanti. Setelah ada waktu yang luang, bukalah catatan ide-ide anda. Lakukan manufer tentang ide-ide anda. Pelajari lagi, amati lagi apakah itu benar-benar sesuai. Jika ide itu terasa berat, ajaklah rekan atau sahabat anda membantu memecahkan ide tersebut.

Karena, Kita Bisa jadi Inisiator Bukan Eksekutor

Ya, kita tidak harus menjadi eksekutor untuk merealisasikan ide-ide kita yang muncul tersebut.

So, mari kumpulkan ide, jaring ide-ide yang muncul dan tuangkan dalam sebuah note.

S Adi Firmansyah

ttd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s