Apa Kabar Baik Indonesia Hari Ini ?

Sebenarnya aku heran, jenuh, haru dan miris melihat informasi-informasi yang selalu di blow-up di media setiap harinya. Bagaimana tidak, lha wong yang diberitakan tiap hari pasti soal berita-berita yang tidak baik seperti kekerasan, pemerkosaan, pembunuhan dan sejenisnya.

Berita semacam ini memang penting, karena dapat memberikan kita informasi bahwa kejahatan seperti itu ada sehingga membuat kita menjadi lebih waspada. Namun, di sisi lain, seringnya berita-berita seperti di blow-up di media membuat masyarakat Indonesia menjadi pesimis.

Apa Kabar Indonesia

Aku sangat setuju dengan pendapat Pak Jokowi dalam acara Mata Najwa On Stage di UNS Surakarta beberapa waktu yang lalu. Beliau memberikan mendapat seputar bagaimana menggandakan inspirasi dan menurut beliau, “jadi yang baik-baik harus sering dimunculkan…..“.

Setuju dengan pendapat tersebut. Coba kita lihat, tidak usah jauh-jauh deh, kalau punya Facebook atau Twitter lihat beranda timeline masing-masing khususnya bila kita sudah memfollow beberapa media berita nasional. Pasti hal yang sering muncul selalu berita-berita buruk, dan aku heran tiap hari pasti ada saja berita seputar pencabulan, mulai anak dibawah umur hingga lansia. Ini ada. Sayangnya, sebagian dari kita lantas ikut membagikan berita tersebut, dan akhirnya booming lah berita tersebut. Dan lihat apa yang terjadi, pasti komentar adalah mencemooh. Ya..itu memang sangat wajar dan manusiawi.

Pemberitaan yang buruk-buruk ini sebenarnya dapat membuat persepsi yang buruk kepada bangsa ini. Seperti apa yang dikatakan Pak Jokowi. Dan hal ini juga memberikan kesan negatif pada bangsa ini. Bayangkan jika setiap hari yang di blow-up adalah informasi-informasi inspiratif dari berbagai daerah, pasti hal ini akan menggugah optimisme masyarakat Indonesia untuk mengikuti jejak inspiratif orang tersebut.

Entah, apa sebenarnya yang melatarbelakangi pemberitaan buruk-buruk ini selalu menjuat ke publik dengan cepat dan rutin tiap hari. Ada yang bilang ini hanya untuk meningkatkan rating,dan lainnya.

Jadi, sebenarnya untuk menghentikan itu semua adalah dimulai dari diri kita dan ajaklah orang sekeliling kita. Apabila mendapatkan informasi yang negatif, tidak perlu kita share lagi, biarkan itu menjadi pembelajaran bagi kita pribadi, nyatanya juga memang seperti itu. Berbagilah hal-hal yang positif saja, dan khususnya bila kita seorang blogger, maka publishlah informasi-informasi yang positif dan inspiratif.

Bangsa ini menunggu pemberitaan yang positif setiap harinya, bukan hanya berita demo, pembunuhan, pemerkosaan dan lainnya, sudah jenuh dan tidak ada manfaatnya. Lebih baik kita mulai share informasi yang positif yang inspiratif agar optimisme masyarakat terhadap bangsa ini semakin tinggi. Dan saya yakin, masih banyak orang baik di negeri ini, dan jumlahlah melebihi orang yang berbuat buruk. Namun sayangnya tidak ada media yang menginformasikannya.

Mari buat citra positif untuk bangsa ini, dan biarkan yang negatif menjadi bumbu untuk memperbaiki negeri ini menjadi negara inspiratif. Karena Indonesia Kaya !

*Tulisan ini bukan pencitraan terhadap Jokowi, namun memang pendapat Jokowi tersebut sangat sesuai dengan pemikiran saya. So, sekali lagi ini bukan pencitraan atau pun promosi terselubung terhadap Jokowi. Ini hanya kebetulan saja.

Salam Hangat Penuh Semangat,
S Adi Firmansyah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s