Kelebihan dan Kekurangan Blogspot dengan WordPress.com

Buat yang ingin belajar membuat blog, tentunya lebih memilih menggunakan platform blog yang gratis. Ya.. kalau ada yang gratis kenapa harus bayar? Indonesia banget pokoknya. Namun, perlu kita ketahui dulu, bahwa ada harga ada rupa, jadi meskipun gratis tetapi pasti juga memiliki keterbatasan. Jika memang hanya untuk media menulis menggunakan blog gratisan sudah cukup.

Saya sendiri pun awalnya mengenal dan belajar blog juga menggunakan platform blog gratisan dari WordPress.com, ya yang sekarang anda baca ini. Ini merupakan blog pertama saya yang alhamdulillah sampai saat ini masih di update meskipun jarang.

Balik lagi ke masalah gratisan. Sebenarnya banyak banget platform blog gratis yang menyediakan berbagai fitur dan keunggulan. Tentunya dari berbagai blog gratis tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Platform blog gratis tersebut diantaranya adalah Blogspot (blogger.com – Milik Google). WordPress.com, Tumblr.com, blog.com (Meskipun menggunakan Engine WordPress), Weebly, Blogdetik (Lokal, menggunakan Engine WordPress), dan lainnya.

Dari berbagai penyedia blog gratis tersebut, yang paling banyak digunakan adalah Blogspot dan WordPress.com. Saya sendiri pun juga memiliki keduanya dan selama saya menggunakan kedua platform blog tersebut memang ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

blogspot wordpress
Template -Tersedia banyak,-Pengembangan template banyak,

-Open source, blogger dapat mengatur template sesuka hati,

-Ada yang free dan berbayar

-Dukungan template hanya tersedia dari WordPress saja,-Blogger tidak dapat mengedit template,

-Ada yang free dan berbayar

Storage -Unlimited, tidak ada batasan penyimpanan. Karena memang tidak ada informasi yang ada menandakan maksimum upload. -Terbatas, penyimpanan sekitar 3,072 MB. Apabila ingin upgrade mesti membayar
Domain -Bisa custom domain, karena telah ada pengaturannya-Setting Gratis (tapi untuk beli domainnya .com/.info/dll ya bayar) -Bisa custom domain, namun tidak ada pengaturannya, jadi harus membayar.
Monetize -Mendukung monetize, dapat digabungkan Google Adsense -Tidak bisa untuk monetize, apabila masih ngenyel endingnya nanti dibanned.
SEO -Dapat dioptimalkan melalui sisi SEO OnPage, karena kode template terbuka untuk blogger -Tidak bisa memaksimalkan SEO Onpage dari sisi template
Javascript -Mendukung Javascript -Tidak dapat disisipi javascript
Ads/Iklan -Bebas dari iklan -Ada iklannya, berada di bawah posting artikel. Jika ingin menghilangkan harus membayar
User Interface -Mudah dioperasikan dan menu mudah dipahami, simple.-Posting area simple dan mudah dipahami, sedikit fitur-fiturnya -Dashboard admin menarik, dengan flat design.-Posting area banyak fitur, dibutuhkan pemahaman sebelum posting. Seperti excerpt, tags,publish, dll.
Dukungan -Berhubung produk Google, maka didukung penuh oleh Google -Didukung penuh oleh WordPress yang notabene merupakan platform CMS Blog terbesar.

Masih banyak lagi sebenarnya kelebihan dan kekurangan antara Blogspot dan WordPress.com ini, tetapi berhubung mata sudah lelah jadi tidak banyak-banyak saja. Nanti bisa kalian amati sendiri lagi sambil jalan. #DipikirKaroMlaku.

Setelah melihat beberapa kelebihan dan kekurangan kedua platform blog gratis besar tersebut, tentu sudah memiliki gambaran ketika akan memutuskan akan memilih platform blog yang sesuai.

Jadi, menurut saya Blogspot cocok untuk anda yang akan belajar dan terjun di : Blogger, Internet Marketer, Theme Developer, dll. Pokoknya tidak hanya fokus tulis menulis saja.

Dan WordPress.com cocok untuk anda yang memang hobi menulis dan tidak mau diganggu dengan apa itu internet marketer, template html css dan tetekbengek-nya. Di WordPress.com fokus anda hanyalah tulisan tulisan dan tulisan.

Jadi pikirkan lebih jauh sebelum membuat blog. Nanti blog anda akan dibawa kemana dan seperti apa.

Apabila anda menemukan kelebihan dan kekurangan lain dari keduanya yang belum terpampang di atas, sudi kiranya untuk memberikan informasi melalui komentar.

Salam Hangat Penuh Semangat
S Adi Firmansyah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s