Menulis Untuk Siapa ?

Pagi-pagi pengen update blog, nulis-nulis hasil conversation pagi ini dengan Miss Hologram.

“Menulislah untk memanusiakan manusia, bukan semata peramai mesin pencari atau penghabis tinta percetakan.” – Risa Rii Leon

Bagi kita yang notabene seorang blogger, tentu menulis adalah hal biasa dan wajar untuk dilakukan. Sangat tidak wajar jika blogger tidak suka nulis dan hanya main auto-auto nan.

Banyak alasan kita untuk menulis, selain untuk update blog juga untuk memberikan informasi kepada khalayak umum tentang informasi yang kita dapatkan untuk kita share melalui sebuah media blog. Namun, blog sendiri saat ini tidak sekedar media untuk menuliskan curhat pribadi saja. Seiiring dengan perkembangan teknologi internet dan sumber daya manusia, blog menjadi salah satu media yang ampuh untuk berbagai maksud dan tujuan. Contoh nyatanya, sebagai media online marketing dan media untuk mencari nafkah. Its really, jangan kaget, karena di luar sana banyak blogger-blogger yang dalam mencari nafkah 100% melalui media blog, tentunya dengan berbagai cara dan teknik.

Oke, saya tidak akan membahas cara mendapatkan uangnya, namun saya ingin menyoroti dari segi kontent artikel atau tulisan yang sebenarnya itu adalah kunci utama dalam sebuah blog. Tulisan adalah isi atau inti dari sebuah blog, tanpa tulisan tentu blog hanyalah sebuah kumpulan kode-kode html dan css yang di desain menarik agar enak dipandang mata, namun dengan adanya tulisan tentu akan menambah “value” dari blog itu sendiri.

Merujuk pada quote di atas, bahwa sejatinya benar apabila menulis memang harus memanusiakan manusia. Tidak hanya seorang pemimpin dan wakil rakyat saja yang harus memanusiakan rakyatnya, tetapi dalam menulis juga harus memanusiakan manusia.

Saya sendiri masih sering menemui blogger yang menulis dengan maksud bukan untuk ditujukan kepada manusia (pengunjung/pembaca), namun lebih ditujukan untuk mesin pencari yang semata-mata ingin mendongkrak blognya agar dikata SEO Friendly. Berbagai cara pun dilakukan agar blognya menjadi disukai Google yang notabene adalah sebuah sistem program, sehingga dalam penulisan artikelnya pun lantas menjadi bingung dan sulit dipahami manusia normal. Yang pada ujungnya, pembaca pun tak mendapatkan makna atau maksud dan tujuan dari tulisan itu.

Berbeda jika tulisan memang ditujukan untuk memanusiakan manusia, tulisan akan mudah dipahami dan isinya natural. Selain itu, inti maksud dan tujuan dari tulisan itu akan sampai dibenak pembaca. Tak memungkiri jika tulisan itu justru akan banyak yang suka lantas disharenya ke berbagai media oleh pembaca karena tulisannya informatif.

Dan membuat tulisan yang seperti ini sebenarnya mudah tetapi juga sulit. Mudah karena kita tinggal menulis apa yang ada dibenak kita, namun sulit apakah tulisan kita ini nanti dapat diterima oleh pembaca. Salah satu caranya, kita sebagai penulis juga harus menjadi pembaca. Saat menulis, taruhlah 80% diri kita sebagai pembaca tulisan kita yang dalam seketika itu baru melihat tulisan itu. Ya meskipun tak ada tulisan yang sempurna, paling tidak kita bisa mengukur tulisan kita dapat diterima pembaca atau tidak, jangan sampai malah menjadi boomerang bagi diri kita sendiri.

Itulah mengapa pentingnya menulis yang harus memanusiakan manusia, bukan memanusiakan robot. Bagi penulis buku pun juga seperti itu, membuat buku dengan alasan untuk mencari uang memang tidak salah. Namun, ketika kita menulis jangan masukkan pikiran berapa untungnya tulisan kita nanti. Itu justru akan membuat psikis kita dalam menulis terpaku pada untung duit semata bukan seberapa orang yang akan terilhami dari tulisan kita.

So, menulislah dari hati, sesuatu yang dilakukan dari hati akan sampai ke hati. Menulis untuk manusia jauh lebih mengena dan rejeki pun akan datang dengan sendirinya tanpa kita harus memaksa.

Kurang dan lebihnya saya mohon maaf, apabila ada kekurangan mohon dimaafkan kalau ada lebihnya silahkan diambil kembaliannya😀

Salam hangat penuh semangat
Setia Adi Firmansyah

ttd

3 pemikiran pada “Menulis Untuk Siapa ?

  1. kalau aku sih memang menulis juga sekaligus sebagai pembaca, soalnya apa yang aku tulis walau itu berasal dari sumber lain juga pasti aku baca, yang jelas berharap ada yg membutuhkan hingga mencari apa yg kita tulis….-asal nulis neh-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s