Homeschooling Ala Aplikasi Anak Cerdas

Perkembangan teknologi dari hari ke hari semakin menunjukkan geliatnya. Hal ini sangat terasa pada teknologi seluler yang menghadirkan berbagai jenis ponsel yang tak hanya dapat digunakan sms dan telepon saja.

Kebutuhan multimedia, office kini telah dapat dinikmati dalam sebuah genggaman ponsel pintar. Sehingga ini yang membuat mayoritas pengguna telepon seluler beralih menggunakan ponsel jenis Smartphone ini. Ponsel yang dapat melakukan computing dan multitasking secara canggih.

Kehadiran smartphone ini tentunya sangat disambut baik bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa dan dari orang awam hingga orang yang memiliki tingkat mobilitas tinggi.

Bicara soal pengguna smartphone, hal ini perlu diberikan perhatian penting mengingat dengan semakin canggihnya smartphone maka ini akan semakin memberikan kebebasan terhadap penggunannya itu sendiri. Sehingga sistem dan aplikasi yang ada di Smartphone juga harus disesuaikan terhadap pengguna smartphone tersebut.

Jika pengguna smartphone termasuk orang dengan umur 15 tahun ke atas mungkin sudah mampu menggunakannya secara bijak, namun jika smartphone digunakan oleh anak-anak tentunya mesti didampingi oleh orang tua yang lebih mengerti.

Jangan sampai perkembangan anak-anak terganggu akibat penggunaan gadget maupun smartphone yang dimainkannya. Sangat bermanfaat apabila gadget dapat digunakan sebagai sarana belajar bagi anak-anak sehingga anak akan lebih mudah dalam proses belajar.

Peran orang tua saja tidak cukup, perlu adanya sinergi antara orang tua dengan pihak pengelola gadget dan sistemnya.

Bersyukur telah ada Aplikasi Anak Cerdas dari Acer Indonesia, sehingga keberadaan gadget/smartphone akan lebih berarti bagi anak-anak.

Aplikasi Anak Cerdas dari Acer Indonesia dapat dimanfaatkan orang tua sebagai sarana media pembelajaran kepada anak layaknya Homeschooling.

Mengapa Aplikasi Anak Cerdas?

Di luar sana memang banyak sekali aplikasi pembelajaran tetapi Aplikasi Anak Cerdas ini memberikan fasilitas dan fitur yang berbeda. Pada awal peluncuran Aplikasi Anak Cerdas ini pun saya mengira aplikasi ini hanya sebatas aplikasi biasa yang memberikan informasi atau materi kepada anak saja tanpa adanya interaksi dua arah.

Anak Cerdas Acer

Namun, setelah saya coba install dan lihat-lihat ternyata Aplikasi Anak Cerdas memang sangat interaktif sekali. Apalagi ada halaman admin untuk orang tua sehingga orang tua dapat mengetahui perkembangan anak dan aktifitas anak terhadap gadget yang digunakannya. Ini yang saya suka.

Selain itu banyak sekali fitur yang dapat digunakan baik untuk anak maupun orang tua/pembimbing.

Fitur Aplikasi Anak Cerdas Apa Saja?

Ketika membuka Aplikasi ini saya menemukan Menu Dua Dunia, yaitu Dunia Anak dan Dunia Tekno serta menu Pengaturan

Dunia Tekno

Dunia Tekno

Pada bagian ini saya rasa cocok untuk orang tua/pembimbing. Karena berisi informasi-informasi seputar tekno dan gadget. Orang tua wajib membaca ini sehingga dapat diajarkan kembali kepada anak. Bagian Dunia Tekno ini juga cocok untuk anak, yaitu sebagai media belajar membaca. Misalnya orang tua mendampingi belajar membaca salah satu artikel yang ada lantas si anak diminta untuk menjelaskan inti dari artikel tersebut.


 

Dunia Anak

Dunia Anak

Pada bagian ini memang ditujukan untuk si anak. Ada 2 menu aktivitas yang dapat dimainkan oleh si anak, yaitu Mari Bermain dan Latihan Yuk!.

Menu Mari Bermain

Saya rasa ini sangat seimbang, sehingga Anda tidak menjadi bosan ketika belajar menggunakan Aplikasi Anak Cerdas ini. Jika saat latihan soal lama-lama menjadi bosan, orang tua dapat menuntunnya agar anak dapat bermain dengan beberapa permainan yang ada.

Ada 3 Kategori di Fitur Permainan ini :

  1. Edukasi
  2. Permainan
  3. Buku Cerita

Sehingga anak dapat memilih mana yang disukai. Apakah permainan untuk refreshing, Apakah permainan edukasi atau membaca beberapa cerita yang ada.

Yang menarik di Aplikasi Anak Cerdas ini adalah Orang Tua/Pembimbing dapat mengatur kenampakan aplikasi yang terinstall di gadget. Hal ini untuk mencegah si anak membuka aplikasi diluar yang diharuskan atau aplikasi game sehingga tidak hanya bermain terus. Kalau waktunya untuk bermain, orang tua dapat memunculkannya kembali.🙂

Menu Latihan Yuk!

Di menu ini, merupakan bagian untuk anak berlatih materi-materi soal dari beberapa mata pelajaran yang ada. Untuk profil Anak dapat ditambahkan lebih dari satu. Sehingga ini sangat cocok bagi seorang guru atau orang tua yang ingin memberikan pembelajaran melalui gadgetnya ke lebih dari satu anak.

Profil Anak

Ada 4 Mata Pelajaran yang dapat dipelajarinya, yaitu Matematika, Sains, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Soal-soalnya pun menyesuaikan dengan kelas yang dipilih. Apabila si anak kelas 2 SD maka soal-soal juga yang berkaitan dengan materi kelas 2 SD.


 

Pengaturan

Pengaturan

Menu pengaturan ini hanya dapat diakses oleh orang tua, sehingga ketika akan masuk di menu pengaturan ini harus memasukkan sebuah password yang sebelumnya sudah diatur setelah proses installasi aplikasi ini.

Ada 4 Fitur yang ada Pengaturan ini :
1. Laporan Penggunaan
Fitur ini memungkinkan orang tua untuk dapat memonitor aktivitas pada gadget tentang aplikasi apa saja yang digunakan dan lama digunakan. Sehingga dengan adanya laporan ini, orang tua dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Akses dan Proteksi
Fitur ini digunakan untuk mengatur Izin Unduh Aplikasi yang ada di Fitur Mari Bermain. Sehingga ketika akan mengunduh aplikasi harus memasukan sebuah password.
Selain itu juga ada pengaturan tentang Zona Anak. Apabila Zona Anak ini diaktifkan, tampilan depan hanya akan tampil Menu Dunia Anak dan Dunia Tekno, sedangnya menu Pengaturan tidak akan tampil. Sehingga anak dapat berkonsentrasi pada dua menu itu saja.

3. Profil Pengguna
FItur ini untuk mengatur profil pengguna baik orang tua maupun anak. Profil Orang tua dapat ditambahkan lebih dari satu, begitu juga profil anak.
Nah, di Profil Anak ini orang tua dapat mengatur beberapa profil si anak, seperti nama, tanggal lahir, kelas, dll.
Dan yang paling utama adalah dapat melihat Laporan Detail Nilai Anak. Sehingga orang tua dapat melihat perkembangan anak dari Latihan soal yang dikerjakannya.

4. Tentang Aplikasi
Di Fitur ini digunakan untuk memerikan pembaharuan soal latihan terbaru, Informasi Aplikasi Anak Cerdas, Kontak Acer Indonesia, Panduan Aplikasi, dan Feedback Pengguna untuk memberikan saran/kritik kepada Acer Indonesia sehingga Aplikasi Anak Cerdas ini dapat lebih optimal lagi.

Aplikasi Anak Cerdas dari Acer Indonesia ini dapat diunduh di Google Play

Unduh Aplikasi Anak Cerdas

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Anak Cerdas

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, bahwa awalnya saya mengira aplikasi ini hanyalah aplikasi seperti pada umumnya yang hanya memberikan pembelajaran satu arah. Namun, setelah saya coba dengan adik saya, ternyata sangat interaktif. Bahkan, adik saya merasa senang karena antar muka aplikasi ini yang berwarna-warni dan memiliki soal pilihan ganda yang sesuai dengan materi sekolah. Tentunya ini sangat memberikan solusi untuk media pembelajaran kepada adik saya, mengingat adik saya termasuk anak yang sukar disuruh belajar. Kalau tidak ada PR (Pekerjaan Rumah) tidak membuka buku. Sehingga dengan adanya Aplikasi Anak Cerdas ini dapat menjadikan alternatif yang menyenangkan, asik dan mendidik untuk kebutuhan belajar di rumah. Inilah Homeschooling ala Aplikasi Anak Cerdas.

jeni

Namun, saya berharap apabila ke depannya Aplikasi Anak Cerdas dari Acer Indonesia ini ada fitur pembelajaran tentang kebudayaan-kebudayaan daerah. Sehingga si anak sejak kecil dapat mengenal kebudayaan-kebudayaan daerah agar dapat mencintai Budaya Indonesia.🙂

 

*Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia

14 pemikiran pada “Homeschooling Ala Aplikasi Anak Cerdas

    • terima kasih🙂
      Iya, tetapi kembali lagi pada orang tua bagaimana agar dapat mempergunakan gadget untuk memaksimalkan pembelajaran bukan hanya untuk permainan saja🙂

  1. Selain dari segi interaksi yang ditawarkan aplikasi cerdas ini, sepertinya keberadaan ruang evaluasi perkembangan anak bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk si Aplikasi Anak Cerdas🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s