Berpikir Positif Di Era Tahun Politik

Awal tahun 2014 ini menjadi tahun yang sangat menarik bagi masyarakat Indonesia. Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden akan dilaksanakan pada tahun ini.

Tak heran jika banyak sekali media-media yang memberikan berbagai parpol maupun tokoh-tokoh masyarakat yang akan mengikuti pemilihan ini. Tentu ini menjadi sebuah langkah baik untuk menjadikan Indonesia lebih baik dari sebelumnya.

Pemilu Legislatif telah usai, dan saat ini sedang berlangsung persiapan untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014-2019 yang akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang.

Beberapa hari yang lalu kemelut di dunia partai politik memang membuat sebagian masyarakat membuat geram. Seakan politik hanya sebuah permainan sandiwara yang rakyat menjadi penontonnya.

Namun, akhirnya telah ada dua pasang kandidat Calon Presiden dan Wakil Presiden yang telah mengajukan diri ke KPU untuk mengabdi pada bangsa dan negara ini.

Mereka adalah Jokowi – Kalla dan Prabowo – Hatta.

jokowi-JK-prabowo-Hatta

Sebelumnya, kita tentu sudah banyak dijejali informasi dari berbagai media yang memberitakan keduanya. Ada berita yang mengusung sisi positif keduanya, bahkan berita yang mengusung keburukan keduanya. Bahkan telah muncul banyak perdebatan antar pendukung keduanya. Dan itu sering terjadi di Sosial Media.

Saya pribadi sebagai warga negara Indonesia sangat prihatin melihat sebuah perdebatan tersebut. Perdebatan yang hanya menimbulkan masalah bukan solusi.

Menurut saya, Jokowi dan Prabowo adalah orang-orang terpilih yang memang dapat memimpin Negara ini. Dan mereka pun juga manusia biasa yang memiliki kebaikan maupun keburukan.

Namun, sayangnya banyak orang-orang yang meremehkan keduanya.

Masa lalu pun menjadi masa kini, karena diungkit-ungkit lagi. Sehingga menimbulkan persepsi buruk di mata masyarakat awam. Pekerjaan yang tak tuntas pun dijadikan alasan untuk menjatuhkan karakter lawan.

Menjadi Komentator Lebih Mudah Daripada Eksekutor

Masyarakat kita memang sangat kritis, saking kritisnya hingga mudah mengomentari sebuah informasi yang belum jelas benarnya. Kalaupun itu jelas benarnya, maka itu dijadikan tombak utama untuk berbangga diri meluapkan ego dirinya sendiri.

Ketakutan akan Perpecahan pada bangsa ini mulai mencuat. Tidak karena ada tekanan dari negara lain tetapi justru dari masyarakat Indonesia sendiri. Hal ini disebabkan karena menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemimpin negara ini.

Apakah jika calon pemimpin yang kita impikan tidak dapat dapat menjadi pemimpin negara ini lantas kita tidak mau mendukung pemimpin yang terpilih ?

Itulah pertanyaan yang sepele namun dapat berdampak besar pada negara ini.

Anehnya lagi masyarakat menginginkan Indonesia berubah menjadi lebih baik, namun etika untuk berubah itu belum ada. Masyarakat hanya mengandalkan pemimpin.

Indonesia ini sangat kaya. Kaya akan pulaunya, orangnya dan lain-lainnya. Jadi, sangat tidak mungkin apabila hanya pemerintah dan pemimpin saja yang diberi tanggungjawab untuk memajukan negeri ini. Lantas masyarakatnya hanya bisa berkomentar tentang kinerjanya kalau tidak sesuai.

Indonesia sangat bisa maju dan berubah menjadi lebih baik, asalkan ada sinergi antara pemimpin dan rakyat. Selama pemimpinnya telah berbuat semaksimal mungkin namun rakyatnya terus mencerca karena tidak suka dengan gaya kepemimpinannya, selama itu juga negara tak akan berubah. Namun, sebaliknya jika pemimpin dan rakyat saling berkontribusi dan tetap berpikir positif maka akan tercipta sebuah energi dan semangat untuk membangun negara ini.

Inti dari artikel ini adalah hanya ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mulai berpikir positif terhadap semua calon pemimpin negara ini baik Pak Jokowi maupun Pak Prabowo. Saya yakin keduanya akan dapat membangun negara ini lebih baik asal ada sinergi dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. Siapapun nanti yang terpilih, sebaiknya kita dukung mereka. Tak perlu lagi kita melihat keburukan-keburukan yang ada disetiap diri mereka. Toh kita sendiri juga pasti memiliki keburukan.

Indonesia adalah Bangsa yang Besar. Bangsa yang memiliki catatan hitam di masa lalu. Jangan sampai itu terulang lagi karena ketidaksadaran kita sebagai masyarakat Indonesia akan pentingnya berpikir positif terhadap pemimpin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s