5 Bulan Untuk Bebas Google Penalty

5 Bulan yang lalu salah satu blog saya terkena tendangan penalty dari Google. Ya, salah satu alasan mendasar adalah Unnatural Link (https://support.google.com/webmasters/answer/2604824?hl=en) . Meskipun tidak ada informasi yang masuk pada Google Webmaster Tool, tetapi saya rasa itu memang karena dampak dari Google Penalty.

Apa yang membuat saya yakin?

  1. Keyword-keyword yang biasanya berapa di halaman pertama tiba-tiba hilang entah kemana. Otomatis traffic anjlok.
  2. Sebelumnya saya pernah melakukan test dengan salah satu tool untuk penyebar backlink secara otomatis.
  3. Link post artikel masih terindex namun posisi SERP tidak tahu diurutan berapa.

Sangat menyedihkan ketika mendapati reports grafik visitor turun drastis dan hanya sedikit keyword yang masuk. Beberapa hari saya cek ulang ternyata sama saja. Ah..ini pasti kena Google Penalty.

Tanpa berpikir panjang, saya pun tetap mengupdate konten secara rutin meskipun intensitasnya menurun. Konten yang saya gunakan untuk update lebih natural dan tidak memaksakan untuk mencari visitor dan tanpa target SERP.

Saya pun tetap melakukan update terus dan terus tanpa memikirkan SEO dahulu, karena saya yakin Penalty dan Sandbox dari Google ini adalah hanya sebuah peringatan dan sanksi bahwa kita sudah melanggar T.O.S yang berlaku. Dan pada masa itu saya memang sedang menjalani hukuman, jadi mau tidak mau ya harus dijalani.

Seiring berjalannya waktu, saya tetap memantau statistik blog saya. Masih ada beberapa keyword yang masuk namun itu dapat dihitung dengan jari. Dan berkat kesabaran, akhirnya hukuman telah habis masanya dan beberapa hari yang lalu saya mendapati grafik mulai merangkak naik seperti dahulu. Ketika saya cek keyword yang masuk, alhamdulillah beberapa keyword yang dahulu juga sempat masuk sekarang balik lagi dan masih tetap menduduki posisi depan Google. Ternyata Google baik.

Dari situlah saya mendapatkan sebuah pelajaran berharga dalam hal ngeblog.

  1. Artikel Posting akan dibaca oleh “manusia”
  2. Menulis yang bermanfaat untuk “manusia”
  3. Mesin Pencari “bukan” manusia
  4. Kualitas konten adalah yang “utama”

Dan bagi teman-teman yang saat ini sedang menjalani hukuman dari Google berupa kick penalty maupun sandbox, saya sarankan tidak perlu risau, tidak perlu patah semangat. Tetaplah berikan artikel yang natural, yang ditujukan untuk manusia bukan robots. Tentunya artikel yang ditulis sendiri bukan hanya sebatas artikel copy paste. Saya yakin, beberapa bulan kemudian blog teman-teman akan kembali seperti semula tanpa disangka-sangka.

Happy Blogging !!

Satu pemikiran pada “5 Bulan Untuk Bebas Google Penalty

Tinggalkan Balasan

