Spesies Blogger dan Masalahnya

Assalamu’alaikum, Wah aku hampir melupakan blog perdana ku ini😀 blog yang membawa aku ke dalam dunia maya yang penuh dengan canda tawa ini. Pasti kalau blog ini bisa bicara pasti akan memaki-maki aku😀

Tapi tenang, aku nggak akan melupakan blog ku tercinta ini, maafin yang blog, jongos mu ini lagi sibuk buat ngurusin sodara mu biar nggak kelaparan, kamu enak udah dikasih apa-apa sama pemilikmu, hosting bebas, domain bebas. Lha sodara mu itu, harus cari makan sendiri. Jadi, tolong pengertiannya yah. Aku nggak akan ngelupain kamu kok.

***

Ngomongin masalah blog aja ya sekarang, mengingat sekarang ini pertumbuhan blog begitu cepat secepat kilat. Ya…karena gaya hidup orang semakin melek teknologi juga faktor kemudahan dalam membuat sebuah blog ini. Iya emang, buat blog itu cepat, nggak nyampe 5 menit jadi. Tapi itu tergantung dari koneksi internet masing-masing sih ya ahaha.

Aku sebagai seorang blogger sejak 2009 sangat bangga, kalau banyak orang yang turut meramaikan dunia perbloggingan. Selain bisa dapat teman baru, secara tidak langsung juga membuat orang gemar menulis dan membaca.

Tapi, ada satu masalah yang aku amati. Iye, diam-diam aku juga ngamati perkembangan blog meski tidak seperti seorang pengamat profesional. Jadi gini, masalahnya itu sepele, banyak orang yang menjadi blogger, tapi setelah itu bingung mau jadi apa dan harus bagaimana.

Bener sih kalau blog itu salah satunya bisa digunakan untuk curhat, tapi di era teknologi seperti ini apa mau curhat pribadi terus? apa nggak mau pengen ada sesuatu dari blognya? apa nggak pengen ada hasil dari blognya?

So, dalam postingan kali ini aku ingin sedikit memberikan sharing mengenai pentingnya tahu spesies blogger sebelum terjun dalam dunia blog. Intinya sederhana, supaya nanti setelah membuat blog tahu bagaimana dan harus dibawa kemana blog yang dibuatnya.

Langsung saja, blogger itu spesiesnya banyak banget, dan ini penting buat kita ketahui bersama, diri kita ini cocok untuk masuk yang mana.

1. Fashion Blogger

Fashion Blogger

Image (c) e-rockentertainment.com

Spesies blogger yang satu ini adalah blogger yang ngulik soal fashion. Blogger semacam ini diblognya isinya cuma fashion (mayoritas lah minimal). Jadi kalau mau cari berita review gadget terbaru, jangan cari di blog milik fashion blogger. Fashion blogger ini si pemilik blog biasanya doyan foto-foto, paling tidak jadi modelnya. Kalau mau lihat sample-sample Fashion Blogger yang populer di Indonesia bisa dibaca di sini (http://id.techinasia.com/fashion-blogger-terpopuler-di-indonesia/)

Saran aku kalau kamu emang doyan foto-foto, pamer fashion terbaru, dan emang suka dunia fashion, kenapa tidak memiliki menjadi Fashion Blogger aja? Dan aku bisikin dikit ya, jadi fashion blogger itu bisa mendadak terkenal dan kaya. Soalnya bisa dapat job review buat promosiin produk fashion dari sebuah brand.

2. Travel Blogger

travel-blogger-ocean

Image (c) tnooz.com

Sudah tau kan spesies blogger yang satu ini doyan apa? Ya…blogger tipe ini doyan travelling, jalan-jalan ke luar kota, ke luar negeri, tetapi tidak ke luar angkasa ataupun keluar dari kenyataan.baah….

Di blognya, menceritakan tips, pengalaman, dan hal-hal seputar travel. Jadi Travel Blogger emang kudu suka dan hobi travelling, kalau nggak isinya bakal garing. Yakin deh. Suka mbolang? Suka nulis? Ya udah, jadi travel blogger ajah.

Di Indonesia banyak banget travel blogger, karena nggak mungkin aku nyebutin atu per atu, maka dari itu aku carikan info aja lewat Google, berikut hasilnya seperti yang diberitakan oleh media online (http://tekno.kompas.com/read/2014/08/13/10110067/17.Travel.Blogger.Seru.Indonesia)

3. Beauty Blogger

Beauty Blogger

Image (c) allure.com

Spesies blogger ini mayoritas kaum hawa. Aku jarang nemuin sih ya Beauty Blogger tapi bloggernya cowok, kalau ada mungkin bukan eke ya, yuk cap cus…

Blog mereka isinya tips-tips soal kecantikan, gimana cara make up yang bener, gimana cara ngerawat wajah yang oke, kadang juga ngereview produk-produk kosmetik dengan mereka coba sendiri. Jadi, rasanya si blogger ini kayak kelinci percobaan gitu deh. Ada produk make up baru dicoba, terus direview diblognya. Kadang juga dapat job review buat ngereview produk kecantikan tertentu.

Kalau kamu suka merias wajah dan mengoleksi produk-produk kecantikan, plus suka nulis, alangkah baiknya bisa menjadi Beauty Blogger, kali aja bisa menginspirasi wanita lain.

4. Tech BloggerContent Writer Indonesia

Kalau spesies beauty blogger umumnya kaum hawa, tech blogger ini mayoritas kaum adam. Beuhh, sekarang ini banyak banget yang namanya blogger tekno. Di blognya ngupas soal teknologi, ada yang tentang gadget, laptop, spesifikasi dan lainnya. Kalau suka tentang teknologi, tak ada salahnya terjun ke dunia blog dan memilih spesies ini untuk ditekuni. Sapa tau bisa membantu biaya persalinan istri, kalau sudah punya istri. Kalau belum ya ditabung untuk modal nembung.

5. Lifestyle Blogger

Lifestyle Blogger

Marusya V, Fashion & Lifestyle Blogger Australia / Image (c) crashingred.com

Lifestyle Blogger adalah Blogger Gaya Hidup. (?????) Aneh ya? Nggak sih. Ya, intinya blogger ini bahas dan ngulik soal gaya hidup orang kekinian. Blogger semacam ini memang harus pandai dan lihai menerawang kehidupan seseorang. Dengan begitu akan mendapatkan sudut pandang yang bisa dijadikan postingan.

Berikut ini adalah salah satu kisah dari Lifestyle Blogger di Indonesia (http://lifestyle.bisnis.com/read/20150122/219/394042/kisah-sukses-herdiana-surachman-menjadi-lifestyle-blogger)

Masih banyak lagi spesies-spesies blogger yang bertebaran di dunia maya. Dan biasanya predikat-predikat tersebut muncul karena passion. Ya, semua itu memang tak terlepas dari passion. Travel blogger berarti mereka memiliki passion jalan-jalan, begitu juga yang lainnya.

Dan saat ini ada spesies blogger baru, udah lama sih, tapi namanya belum ngetrend, jadi namanya Dollar Blogger, blogger yang suka cari dollar lewat blognya. Biasanya sih blogger tipe ini memang menggantungkan biaya hidupnya dari blog. Jadi jangan heran kalau nemuin blogger tipe ini tapi memiliki banyak blog dengan berbagai spesies. :lol

Finally, saran dari saya adalah sederhana dan penuh makna. Yaitu, tetaplah menjadi diri kamu masing-masing. Seperti apa yang aku kicaukan di Twitter ku beberapa waktu yang lalu.

Dan lebih baik menjalani apa yang kita sukai daripada mengerjakan apa yang kita paksakan.

Semoga kita semua tercurahkan dari postingan yang apah atuh ini. Wassalamu’alaikum.

Feature image Copyright Google.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s