Mengapa Aku Tidak Ingin Menjadi Pegawai?

young-businessman-working-in-a-virtual-office-1400x934Mumpung lagi #rolasan nih, jadi update blog pribadi dulu, biar nggak disangka sok sibuk. Oke deh, kali ini aku mau curhat dikit soal diriku, terutama masalah karir.

Perlu diketahui bersama, bahwa aku saat ini bekerja sebagai Web Publisher. Haha, biar keren kali, jadi tak namain Web Publisher aja. Aku nggak kerja ikut orang, tapi aku kerja sendiri, kerjaannya setiap hari update konten website. Pekerjaan ini aku mulai fokuskan sejak pertengahan Januari kemarin, tepatnya sejak resign dari pekerjaanku sebelumnya sebagai SEO Marketing di salah satu web development di Kota Solo, Jawa Tengah.

Semenjak aku resign itu, memang aku ingin memiliki pekerjaan tetap yang memang aku banget. Sebenarnya pekerjaanku di Web Dev kemarin itu juga aku banget, tapi sepertinya masih ada sesuatu yang mengganjal hati dan pikiranku sehingga tak bisa maksimal dalam bekerja. Seakan kreativitasku terisolasi.

Nah, selanjutnya aku ingin menekuni pekerjaan yang saat ini aku kerjakan ini. Ya memang keputusan itu pasti akan banyak banget resikonya, dan resiko yang saat ini saya alami adalah tidak menyandang gelar pegawai kantoran seperti yang orang lain inginkan, dianggap nganggur oleh beberapa orang (ya, karena aku kerjanya di rumah, ya kadang diluar juga, asal ada koneksi internet hhehe). Tapi oke, aku terima saja, lha aku nyaman-nyaman saja dengan pekerjaan ini. Dan ini sudah aku banget pokoknya.

Sebenarnya banyak yang khawatir dengan pekerjaan ku saat ini, terlebih untuk masa depan ku nanti. Hhmm, jujur aku sangat tidak menyangka jika orang lain sangat memperhatikanku sampai segitunya, lha wong aku nya saja enjoy dan sangat yakin dengan masa depan ku nanti yang cerah dari pekerjaan ku ini. Ya emang sih, sekarang penghasilan belum tetap, belum buanyak, belum terlihat ‘kaya’, tapi ya inilah aku, yang suka dengan apa yang sedang aku dapatkan ini. Tapi aku yakin, esok kan lebih baik.

Dengan modal keyakinan itulah aku terus berkarya dengan potensi yang aku miliki.

***

Mass Virman….. mana alasannya? Oh iya ya… aku sampai lupa 😀 Jadi gini alasanku sih cukup banyak tapi tidak aku tulis semua ya.

1. Aku Ingin Bebas

Ya, aku ingin bekerja dengan bebas. Bebas di sini bukan berarti memiliki banyak waktu yang leluasa saja ya, tetapi bebas dalam melakukan apa yang ingin aku lakukan tanpa ada paksaan maupun tekanan. Aku mau buat gini gitu begono, aku sendiri yang nanggung. Dan itu sangat menyenangkan sekali bagi aku. Dengan seperti itu seluruh kreativitas ku bisa keluar.

2. Aku punya potensi

Dulu ketika pas sekolah atau kuliah pasti kita sering kan disuruh nulis apa kelebihan dan kekurangan kita? Nah, jadi bapak dan ibu pengajar kita dulu menyuruh kita menulis itu memang agar kita mengetahui betul apa potensi yang kita miliki. Dengan harapan itu bisa dijadikan bekal untuk menyongsong masa depan 😀 Dan aku sadar, aku punya potensi, dan potensi yang aku miliki ini harus didukung dengan suasana, lingkungan dan bidang pekerjaan yang sesuai. Agar semua potensi yang ku miliki ini tersalurkan dengan baik tanpa ada yang dikorupsi oleh waktu.

3. Aku Ingin Berkembang

Aku bukan tipe orang yang hanya ingin menerima upah besar tapi kerjaan yang maksimal dan tidak membuatku berkembang. Aku menjalankan pekerjaan ku ini agar ingin berkembang. Dengan berbekal kebebasan, potensi yang aku miliki, aku ingin terus belajar tanpa ada halangan.

Banyak yang mengatakan, kan itu semua bisa dilakukan dengan kerja di kantor? Ya, benar sekali. Tapi sekali lagi, menjadi pegawai kantor bukan diriku, itu tidak memberikanku kenyamanan. Bukan berarti aku memandang buruk pegawai ya, tidak, tidak sama sekali.

Bagi aku, bekerja sesuai passion haruslah sesuai dengan tiga hal. Yang pertama bidang pekerjaan, kedua adalah lingkungan kerja dan ketiga adalah ketenangan batin.

Dan yang terpenting bagi aku adalah bisa bekerja sesuai dengan bidang keilmuan yang aku pelajari di pendidikan terakhir ku. Dulu aku kuliah di jurusan IT, ya meskipun niat awal dulu pengen jadi programmer, tapi aku tetap bangga. Karena keinginan itu dulu dan yang aku pelajari dulu itu adalah proses pematangan pemikiran. Programmer itu harus berpikiran bagaimana membuat bukan menggunakan dan banyak lagi pesan-pesan yang bisa aku ambil dari situ.

Mungkin itu yang bisa aku ceritakan ya, 🙂 nggak baik kalau banyak-banyak. Dan sekali lagi, aku tak ada maksud untuk menurunkan derajad pegawai kantor atau apalah itu, tidak ada sama sekali. Di sini aku hanya menjelaskan diriku saja.

Ya, akhir kata semoga kita semua diberikan kemudahan kelancaran dalam bekerja. Apapun itu pekerjaan kita semua yang pasti adalah lakukan dengan hati. Jangan terpaksa. Aku yakin, meskipun kita melakukan pekerjaan yang kita sukai tapi hasilnya kecil, itu adalah awal. Awal untuk kita terus bekerja lebih keras, awal untuk kita sabar, konsisten dan fokus dengan apa yang kita kerjakan.

Image (c) StartWorkNow.com

Tinggalkan Balasan

